Beranda | Artikel
Hakikat Dari Persaksian Kalimat Laa Ilaaha Illallah
Jumat, 6 Agustus 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Hakikat Dari Persaksian Kalimat Laa Ilaaha Illallah adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Ayat-Ayat Ahkam. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Kamis, 10 Ramadhan 1442 H / 22 April 2021 M.

Ceramah Agama Islam Tentang Persaksian Kalimat Laa Ilaaha Illallah

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

شَهِدَ اللَّهُ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ وَالْمَلَائِكَةُ وَأُولُو الْعِلْمِ قَائِمًا بِالْقِسْطِ ۚ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ ‎﴿١٨﴾‏‏

Allah bersaksi bahwa tidak ada Ilah yang berhak diibadahi kecuali Dia, Yang menegakkan keadilan. Begitu juga para malaikat dan orang-orang yang berilmu. Tidak ada yang berhak diibadahi kecuali Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. Ali-Imran[3]: 18)

Persaksian terkadang dengan ucapan dan terkadang bisa dengan perbuatan. Persaksian Allah Subhanahu wa Ta’ala terhadap diriNya sendiri dengan keesaanNya tentang uluhiyahNya di sini seperti persaksian Allah Subhanahu wa Ta’ala terhadap RasulNya Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bahwa Allah telah menurunkan Al-Qur’an kepadanya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

لَّٰكِنِ اللَّهُ يَشْهَدُ بِمَا أَنزَلَ إِلَيْكَ ۖ أَنزَلَهُ بِعِلْمِهِ ۖ وَالْمَلَائِكَةُ يَشْهَدُونَ

Akan tetapi Allah bersaksi tentang apa yang telah Allah turunkan kepadamu. Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan dengan ilmuNya dan demikian juga para malaikat bersaksi.” (QS. An-Nisa[4]: 166)

Di sini Allah Subhanahu wa Ta’ala dan para malaikatNya bersaksi akan keesaan Allah Subhanahu wa Ta’ala dan bersaksi kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam membawa risalah. Persaksian ini adalah persaksian dari sisi ucapan. Oleh karena itu boleh kita terjemahkan: “Allah Subhanahu wa Ta’ala menyatakan…

Adapun persaksian yang berupa perbuatan adalah di dalam apa yang Allah Subhanahu wa Ta’ala tampakkan dari ayat-ayatNya. Seluruh yang ada dari alam semesta ini bersaksi akan keesaan Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan lisanul hal. Demikian juga penguatan Allah kepada NabiNya Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dengan diberikannya kemenangan dan akibat yang baik, ini merupakan persaksian bahwa dia adalah utusan Allah yang haq.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/50496-hakikat-dari-persaksian-kalimat-laa-ilaaha-illallah/